• GERAKAN PRAMUKA
    SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN
  • PRABUSILIWANGI - NYAI SUBANGLARANG 09135-09136

PETUNJUK TEKNIS LOMBA / KEGIATAN SCOUT KARNAS COMPETITION 3

Menyambung dari informasi pada halaman [SCOUT KARNAS COMPETITION 3] untuk kegiatan SCOUT KARNAS COMPETITION 3, berikut ini petunjuk Teknis dari masing-masing lomba:

1. Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBBT)

a. Syarat dan ketentuan

  • Peserta adalah anggota pramuka penggalang SMP/MTs se-wilayah 3 cirebon (Kuningan, Majalengka, Cirebon)
  • Setiap pangkalan hanya di perbolehkan mengirimkan 1 (Satu) peleton.
  • 1 (satu) peleton terdiri dari 9 (sembilan) orang Putra/Putri/Campuran. Terdiri dari 8 (delapan) orang anggota peleton dan 1 (satu) orang sebagai komandan peleton.
  • Peserta lomba menggunakan pakaian PDH lengkap dan di perbolehkan menggunakan atribut tambahan.
  • Ukuran lapangan sekian 7 m X 10 m
  • Komandan menempati posisi yang telah ditentukan.
  • Setiap peleton dilarang keluar dari arena lomba atau menginjak garis batas, peleton yang keluar/menginjak batas garis arena perlombaan maka akan ada pengurangan nilai 5 point setiap kali menginjak atau melebihi garis perlombaan.
  • Setiap peleton wajib melaksanakan telebih dahulu gerakan-gerakan teknis pbb (Perpang TNI Nomor 58 tahun 2018) yang telah ditentukan oleh panitia, kemudian diikuti dengan variasi dan formasi sesuai waktu yang telah disediakan selama 10 menit, apabila melebihi waktu yang telah ditentukan maka akan mendapatkan sanksi berupa pengurangan nilai 30 detik /50 point.
  • Gerakan dasar pbb yang tidak dilaksanakan tidak akan mendapatkan nilai atau 0

b. Teknis perlombaan

  • Panitia akan memanggil peserta dari ruangan peserta untuk menuju daerah persiapan 1 (satu) atau 2 (dua) guna melakukan pemeriksaan keutuhan anggota.
  • Peserta memasuki arena perlombaan setelah di persilahkan oleh panitia.
  • Selanjutnya peserta mengambil posisi pasukan berada di tengah arena perlombaan
  • Peserta melakukan pernghornatan.
  • Danton melakukan laporan kepada dewan juri dengan posisi di tengah depan pasukan.
  • Bunyi laporan “ lapor, peserta dengan nomor urut..... siap melaksanakan lomba”
  • Waktu di mulai setelah peleton memasuk arena perlombaan pertama kali menginjak garis.
  • Danton memasuki kotak danton yang telah di tentukan oleh panitia
  • Setelah selesai melaksanakan gerakan lomba peleton melakukan laporan kembali, dengan laporan “gerakan lomba telah selesai di laksanakan, laporan selesai”
  • Waktu di akhiri ketika peleton keluar dari arena perlombaan pertama kali menginjak garis.
  • Panitia akan memberitahukan apabila waktu menuju 3 menit terakhir.
  • Atribut yang jatuh di arena perlombaan akan di ambil oleh panitia dan di serahkan kembali kepada peserta.
  • Format tidak boleh di acak atau di hilangkan.

c. Aba-aba

  • Laporan
  • Penghormatan kepada dewan Juri
  • Danton memasuki tempat
  • Sikap sempurna
  • Istirahat
  • Sikap sempurna
  • Hitung
  • Hormat kepada pembina
  • Hormat kepada bendera merah putih
  • Setengah lencang kanan
  • Lencang kanan
  • Hadap kanan
  • Hadap kiri
  • Balik kanan
  • Depan tongkat
  • Balik kanan
  • 4 langkah kanan
  • 4 langkah kiri
  • 4 langkah depan
  • 4 langkah belakang
  • Hadap kiri henti
  • Tegak tongkat
  • Tangan kiri tongkat
  • Langkah tegap
  • Jalan di tempat
  • Balik kanan henti
  • Langkah biasa + buka tutup barisan
  • Jalan di tempat
  • Balik kanan henti
  • Langkah tegap + hormat kanan
  • Jalan di tempat
  • Balik kanan henti
  • Langkah tegap + langkah perlahan
  • Jalan ditempat
  • Balik kanan henti
  • Langkah biasa + tiap tiap banjar 2 kali belok kanan
  • Jalan di tempat
  • Hadap kiri henti
  • Bubar
  • Berkumpul
  • Variasi formasi

d. Kriteria penilaian peleton

  • Pbb 100 point
  • Kerapihan 100 point
  • Kekompakkan 100 point
  • Kelengkapan anggota 100 point
  • Kelurusan saf dan banjar 100 point
  • Kelengkapan aba – aba 100 point

e. Pengurangan Nilai

  • Peserta yang melewati batas arena perlombaan akan di kurangi point 10/satu kali menginjak.
  • Peserta yang melebihi waktu yang telah ditentukan akan di kurangi 100 point/ menit.
  • >15 detik dikurangi 25 point
  • >30 detik dikurangi 50 point
  • >45 detik dikurangi 75 point
  • >60 detik dikurangi 100 point
  • Peserta yang jatuh sakit saat perlombaan dimulai akan dikurangi 10 point/orang
  • Ketentuan tambahan akan di sampaikan saat technical meeting

f. Kriteria penilaian danton

  • Intonasi suara 20 point
  • Kelengkapan aba-aba 20 point
  • Sikap danton 20 point
  • Artikulasi 20 point
  • Penguasaan lapangan dan pasukan 20 point

g. Kriteria penilaian variasi dan formasi

  • Keindahan 25 point
  • Kekompakan 25 point
  • Kreatifitas 25 point
  • Kerapihan 25 point

h. Kriteria penilaian kostum

  • Kerapihan 50 point
  • Atribut tambahan 25 point
  • Kelengkapan atribut 25 point

i. Kriteria penilaian pbb

  • Sesuai syarat dan ketentuan 100 point

2. Pionering

a. Syarat dan ketentuan

  • Peserta adalah anggota pramuka penggalang SMP/MTs sederajat se-wilayah 3 cirebon. (Kuningan, Majalengka, Cirebon)
  • Setiap pangkalan hanya di perbolehkan mengirimkan 1 (satu) regu.
  • Setiap regu terdiri dari 5 orang dapat terdiri dari Putra/Putri/Campuran.
  • Peserta harus terdaftar dengan membawa dan menyerahkan formulir pendaftaran yang di tanda tangani oleh kak mabigus pangkalannya masing-masing.
  • Pada saat perlombaan peserta menggunakan pakaian pdl pangkalannya masing-masing
  • Peserta harus melakukan daftar ulang selambat-lambatnya 15 menit sebelum acara dimulai.
  • Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah di tetapkan oleh panitia.
  • Nomor urut perlombaan di tentukan secara acak melalui sistem undian pada saat technical meeting.
  • Peserta wajib hadir tepat waktu, minimal 5 menit sebelum giliran perlombaan.
  • Hal-hal yang belum tercantum akan di sampaikan saat technical meeting.

b. Teknis Perlombaan

  • Bentuk perlombaan adalah membuat kreasi pionering.
  • Pionering yang di buat adalah bebas atau sesuai kreativitas siswa tetapi harus mempunyai nilai makna dan nilai keindahan.
  • Perlengkapan:
    • Tongkat sebanyak 30 buah ukuran 160 cm
    • Pemotongan tongkat yang di butuhkan di tempat perlombaan saat perlombaan dimulai.
    • Diperbolehkan menggunakan hiasan lainnya
    • Membawa tali tambang sesuai kebutuhan.
    • Membawa perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan, misalnya gergaji untuk memotong tongkat.
  • Waktu yang disediakan adalah 60 menit.
  • Jika melebihi/mengurangi tongkat yang ditentukan akan di kurangi 50 point/tongkat
  • Jika melakukan pemotongan tongkat di luar perlombaan akan dikurangi 100
  • Jika melebihi waktu yang telah di tentukan akan di kurangi 100 point/menit.
  • Jika mengganti anggota saat perlombaan akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi.
  • Selama perlombaan tidak di perkenankan untuk penggantian anggota.
  • Tidak diperkenankan membawa contoh dalam bentuk apapun.
  • Kekurangan jumlah anggota dapat mengurangi nilai.
  • Regu yang telah menyelesaikan lomba secepatnya menghubungi panitia pencatatan waktu.

c. Kriteria penilaian.

  • Kecepatan waktu 100 point
    • >20 menit 100 point
    • >40 menit 75 point
    • >60 menit 50 point
  • Kelengkapan anggota 100 point
  • Ketepatan simpul 100 point
  • Ketepatan ikatan. 100 point
  • Kerapihan simpul 100 point
  • Keindahan pionering 100 point
  • Tingkat kesulitan 100 point
  • Makna pionering 100 point
  • Bentuk pionering 100 point
  • Kekuatan 100 point

d. Pengurangan Nilai

  • Melebihi waktu 20 point/30 detik
  • Memotong bambu di luar perlombaan 50 point/tongkat
  • Pelanggar aturan perlombaan 100 point

3. Lomba Cerdas Tangkap (LCT)

a. Syarat dan ketentuan

  • Peserta adalah anggota pramuka penggalang SMP/MTs sederajat se-wilayah 3 cirebon. (Kuningan, Majalengka, Cirebon)
  • Setiap pangkalan hanya di perbolehkan mengirikan 2 orang perwakilan
  • Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan terdaftar di panitia.
  • Setiap pangkalan hanya boleh mengirimkan 2 orang perwakilan yang terdiri dari putra/putri/campuran.
  • Selama mengikuti kegiatan, peserta wajib mentaati peraturan yang berlaku.
  • Hal-hal yang belum tercantum akan di sampaikan saat technical meeting.
  • Peralatan
    • Papan berjalan/papan ujian
    • Spidol
  • Ketentuan soal
    • Pengetahuan Umum (essay & Pilihan ganda)
    • Pengetahuan Pramuka (essay & Pilihan ganda)

b. Tata Tertib

  • Peserta wajib melakukan daftar ulang pada saat memasuki ruangan perlombaan.
  • Seluruh peserta wajib hadir tepat waktu.
  • Soal bersifat pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan dengan jenis soal pilihan ganda dan benar atau salah.
  • Peserta yang mengikuti perlombaan memakai pakaian PDH lengkap dan mematuhi protokol kesehatan.
  • Apabila peserta tidak hadir dalam 3 panggilan, maka akan didiskualifikasi.
  • Peserta tidak di perkenankan meninggalkan lokasi tanpa seizin panitia.
  • Jika peserta tidak hadir tanpa pengetahuan yang jelas, maka peserta di nyatakan mengundurkan diri.
  • Tidak boleh mengoperasikan alat komunikasi dan membawa contekan dalam bentuk apapun saat berada dalam ruangan lomba, jika membawa peserta akan didiskualifikasi.
  • Peserta yang mendapat jawaban dari peserta lain maka akan didiskualifikasi.
  • Pengumuman pemenang akan di laksanakan saat upacara penutupan.
  • Untuk technical meeting perwakilan setiap pangkalan sebaiknya didampingi oleh pendamping masing-masing.

c. Aturan Main

  • Seluruh peserta wajib mengikuti tata tertib yang berlaku.
  • Peserta harus mendengarkan dengan seksama pertanyaan yang di ajukan pembawa acara dan dilarang melakukan kecurangan.
  • Jawaban disimpan di papan yang telah di bawa.
  • Ketika pembawa acara berkata “angkat papannya sekarang”. Semua peserta mengangkat papan jawaban dan tidak di perbolehkan mengganti jawaban.
  • Peserta yang jawabannya benar berhak melanjutkan permainan,sedangkan yang jawabannya salah harus mengakhiri permainan, lalu meninggalkan arena permainan.
  • Peserta pelanggar aturan main akan di beri peringatan atau bahkan langsung didiskualifikasi
  • Jika tidak ada satupun peserta yang menjawab benar, maka pertanyaan yang di ajukan di anggap tidak sah.
  • permainan terbagi 2 babak permainan yakni babak penyisihan dan babak partai final.
  • Babak penyisihan adalah babak yang menyisakan 8 peserta
  • Teknis permainan babak final merupakan tanya jawab pertanyaan tanpa mengangkat papan jawaban.
  • Panitia akan memberikan 20 soal pilihan ganda dan 5 essay
  • Peserta menulis jawaban di kertas kemudian di kumpulkan setelah semua soal di ajukan.

d. Kriteria Penilaian

  • Seluruh peserta yang tereliminasi di babak penyisihan akan diberikan nilai 500 point
  • Peserta yang berhasil masuk ke babak partai final (20 point/1 soal pilihan ganda) jawaban benar (20 point/1 soal essay) jawaban benar

e. Pengurangan Nilai

  • Pelanggar aturan main 100 point

4. Dance Smaphore

a. Syarat dan Ketentuan

  • Peserta adalah anggota pramuka penggalang SMP/MTs sederajat se-wilayah 3 cirebon. (Kuningan, Majalengka, Cirebon)
  • Setiap pangkalan hanya di perbolehkan mengirimkan 1 (satu) regu.
  • Setiap regu terdiri dari 7 orang dapat terdiri dari Putra/Putri/Campuran.
  • Peserta harus terdaftar dengan membawa dan menyerahkan formulir pendaftaran yang di tanda tangani oleh kak mabigus pangkalannya masing-masing.
  • Pada saat perlombaan peserta menggunakan pakaian pdl pangkalannya masing-masing
  • Peserta harus melakukan daftar ulang selambat-lambatnya 15 menit sebelum acara dimulai.
  • Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah di tetapkan oleh panitia.
  • Nomor urut perlombaan di tentukan secara acak melalui sistem undian pada saat technical meeting.
  • Peserta wajib hadir tepat waktu, minimal 5 menit sebelum giliran perlombaan.
  • Hal-hal yang belum tercantum akan di sampaikan saat technical meeting.

b. Teknis Perlombaan

  • Bentuk perlombaan adalah dance semaphore.
  • Gerakan dance semaphore adalah bebas atau sesuai kreativitas siswa tetapi harus mempunyai nilai makna dan nilai keindahan.
  • Perlengkapan
    • Semaphore
    • Sound
    • Properti sesuai kebutuhan
  • Peserta memilih 7 lagu di bawah ini, dan dapat di kolaborasikan dalam 7 lagu tersebut, kesesuaian lagu bisa di cek di instagram @scoutkarnas_40
    • Bocah ngapak yak – Wali Band
    • Meraih bintang – Via Vallen
    • Bendera - Cokelat
    • Jangan takut jadi indonesia – ST 12/Setia Band
    • Lima elang – Coboy Junior / CJR
    • Pramuka indonesia - Kanesia
    • Manuk dadali – Rock Cover By Fahmi Aziz, Delia Kartika ft uncle djink
  • Peserta menyerahkan lagu pada saat pendaftaran ulang
  • Waktu perlombaan adalah 7 menit apabila melebihi akan dikurangi nilai
  • Peserta mempersiapkan diri di daerah persiapan setelah pembawa acara memberi tahu
  • Peserta memasuki daerah perlombaan sesuai dengan nomor urut yang di undi pada saat technical meeting

c. Kriteria Penilaian

  • Power 100 point
  • Keindahan gerakan 100 point
  • Kreatifitas gerakan 100 point
  • Kekompakkan 100 point
  • Orisinalitas gerakan 100 point
  • Kesesuaian gerakan dengan musik 100 point
  • Koreografi 100 point
  • Kostum 100 point
  • Kreasi lagu 100 point

d. Pengurangan Nilai

  • Melebihi waktu (20 point/ 30 detik)
  • Gerakan yang mengandung rasis,sara,provokasi (50 point)

5. Photo Sosial Media

a. Syarat dan Ketentuan

  • Peserta adalah anggota pramuka penggalang SMP/MTs sederajat se-wilayah 3 cirebon. (Kuningan, Majalengka, Cirebon)
  • Setiap pangkalan hanya di perbolehkan mengirimkan 1 foto.
  • Foto dikirimkan melalui contact person dan sertakan caption
  • Publikasi foto serentak pada senin 21 Februari 2022 pukul 15.00
  • Pendaftaran di tutup pada 21 Februari 2022 pukul 07.00

b. Kriteria Penilaian

  • Foto terbaik 500 point
  • Caption terbaik 250 point
  • Like terbanyak 250 point

c. Pengurangan Nilai

  • Menggunakan jasa like 1000 point
  • Caption yang mengandung rasis, sara, plagiarisme, provokasi 500 point.

Demikian Petunjuk Teknis Lomba Pada Kegiatan SCOUT KARNAS COMPETITION 3. 

Untuk informasi keseluruhan terkait petunjuk teknik kegiatan ini, dapat dilihat pada dokumen / file berikut ini:

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PETUNJUK TEKNIS LOMBA / KEGIATAN SCOUT KARNAS COMPETITION 4

Menyambung dari informasi pada halaman [SCOUT KARNAS COMPETITION 4] untuk kegiatan SCOUT KARNAS COMPETITION 4, berikut ini petunjuk Teknis dari masing-masing lomba: 1. Lomba K

20/02/2023 11:17 - Oleh Administrator - Dilihat 459 kali
Profil

#

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 55 kali
Visi dan Misi

A. Visi Menjadi lembaga pendidikan profesional yang menghasilkan lulusan ” Smart – Competent – Religious “ B. Misi Memberikan service exelent terhadap stakehold

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 694 kali